Ini Cara Bekam (Hijamah) Yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW

cara bekam nabiPengobatan dengan cara bekam yang saat ini sedang populer dimasyarakat, sebenarnya sudah lama digunakan Rasulullah SAW, untuk mengobati penyakit yang dideritanya terutama penyakit yang ada kaitannya dengan pengaruh darah kotor.

Bekam yang umum dilakukan saat ini, biasanya tidak mengenal waktu dan hari serta bisa dilakukan kapan saja asal ada kesempatan melakukannya, tapi pada zaman rasulullah melakukan bekam ada aturan yang harus diprhatikan.

Berikut ini cara bekam yang diajarkan Rasulullah SAW.
Disebutkan dalam buku kedoteran Nabi Muhammad SAW, dari kitab Al-Jami’ dikutip dari buku karangan Ibnu Qayyin al-jauziyah pada halaman 88 berbunyi :

Bahwa waktu paling tepat melakukan bekam yaitu pada tanggal 17, 19 dan 21. Seperti diriwayatkan HR Tirmidzi bahwa

“Rasulullah membekam pembuluh-pembuluh leher dan bagian atas punggung pada hari ke 17, 19 atau 21.” (HR. Tirmidzi)

Melakukan Bekam pada hari-hari tersebut dilakukan Rasulullah SAW, agar terhindar dari penyakit yang ditimbulkan akibat melakukan bekam

“Agar darah berbahaya tidak menyebabkan kematian pada salah seorang di antara kalian,” ujar rasul dalam sabdanya

Selain memperhatikan hitungan tanggal, Rasulullah juga menganjurkan berbekam dilakukan pada hari-hari tertentu dan sebaiknya dihari pertama pada hitungan hijriyah yaitu pada hari senin dan lakukan dengan menyebut nama Allah SWT.

Sedangkan hari-hari yang dilarang untuk berbekam yaitu pada hari kamis, jum’at, sabtu dan minggu (ahad)

“Bekam itu dapat menambah daya tahan tubuh, dapat menambah kemampuan berpikir. Lakukan bekam dengan menyebut nama Allah. Namun jangan lakukan pada hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Ahad. Lakukanlah hari Senin. Lepra dan kusta hanya turun hari Rabu,” (HR. Tirmidzi).

Pengertian Bekam
Rasulullah SAW menyebut istilah bekam seperti yang kita kenal saat ini dalam bahasa arab disebut الحجامة  (Hijamah) atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Blood Cupping Therapy.

Msing-masing daerah di Indonesia atau diluar negeri memiliki sebutan dan istilah berbeda, misalnya di jawa disebut ‘Cantuk’ Madura dikenal dengan ‘Candok’ sedangkan dalam bahasa Indonesia dan Malaysia dikenal dengan sebutan ‘Bekam’

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad Rasulullah SAW menyatakan bahwa “Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah dengan hijamah (bekam)”

Bekam adalah sebuah metode atau teknik pengobatan tradisional dengan cara mengeluarkan darah statis atau darah kotor yang mengandung toksin (racun) dari tubuh penderita menggunakan alat penyedot.

Hijamah atau bekam sudah dikenal sejak berabad-abad sampai pada zaman rasulullah pengobatan ini masih dilakukan untuk mengobati penyakit .

Tetapi bagi pasien yang hendak melakukan terapi bekam, tetap diajurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk memastikan tindakan terapi yang akan akan dijalankan memungkinkan untuk penyakit yang yang dideritanya.

Advertisement
KOMENTAR ANDA