Penyebab Batu Bacan Banyak Diburu Kolektor Dalam Dan Luar Negeri

batu bacanBagi para penghobi batu tentu sudah sangat akrab dengan jenis batu yang sau ini. Batu bacan, termasuk jenis batu mulia yang saat ini sedang populer di kalangan pencinta batu, khususnya para kolektor baik dari dalam maupun luar negeri.

Salah satu alasan kenapa batu ini banyak diburu karena jenis batu asal Maluku Utara ini dianggap batu unik, bahkan dianggap hidup dan ber nyawa. Menurut salah seorang penjual batu di bilangan Jati Bening Jakarta, jika batu bacan sisimpan lama maka batu itu akan berubah warna seperti bertambah cerah atau bening

Adapaun harga batu bacan bervariasi muli dari harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah, bahkan sebuah batu bacan bisa terjual dengan harga ratusan juta rupiah tergantung tingkat keunikan batu, semakin unik harga batu akan semakin mahal harganya.

Salah seorang pedagang permata di Jati Bening Jakarta, Todikin, mengatakan bahwa pada awalnya batu bacan sering dianggap batu murahan dan dipandang sebelah mata bahkan untuk ukuran kecil menurutnya hanya dibuang begitu saja dan mengambil batu yang ukuran besar.

Harganya pun terbilang murah dibandingkan jenis batu mulia lainnya seperti batu ruby, Zamrutm kalimaya dan lain-lain. Namun dalam beberapa tahun terakhir, batu dengan nama yang diambil dari tempat asalnya ‘Pulau Bacan’ itu berharga sangat tinggi bahkan sebuah batu bacan dengan tingkat keunikan tertentu bisa bernilai ratusan juta rupiah.

Pernah ada sebongkah batu bacan seberat sekitar 7 ons terjual 700 juta rupiah karena tingkat kristalisasi batu yang terbilang super, sehingga harganya bisa selangit. Salah satu keunikan batu bacan yang paling menarik dalah proses kristalisasi alamiah, dimana batu itu akan berubah dengan sendirinya jikan disampan dalam waktu lama, mulai dari warna agak gelap sampai menjadi batu yang cerah.

Selain keunikannya, penyebab lain batu ini banyak menarik minat kolektor atau penghobi batu karena popularitasnya yang mendunia bahkan banyak kolektor asal Taiwan, Cina dan Tingkok datang langsung ke Indonesia untuk berburu batu bacan

Advertisement
KOMENTAR ANDA