[Sejarah] Awal Mula Konflik Palestina Dan Israel Hingga Kini

[Sejarah] Awal Perang Palestina – Israel Hingga KiniAwal mula komflik dan sejarah perang Palestina-Israel. Perang antara Israel dan pejuang Hamas Palestina terus berlanjut hingga sekarang. Sudah ribuan korban jatuh dari pihak palestina yang sebagian besar adalah warga sipil Palestina.

Hingga saat ini perang masih berkecamuk. Serangan Israel terbaru di Gaza Palestina sejak 8 Juli 2014 lalu itu telah menelan korban 1.400 jiwa dan sebagian besar adalah warga Palestina terdiri dari anak-anak dan wanita.

Menyaksikan agresi Israel yang terus memborbardir Palestina, Dunia tak mampu berbuat apa-apa selain berdo’a dan berharap perang segera usai. Lalu apa sebenarnya yang terjadi antara Palestina dan Israel, Kenapa Konflik tersebut berlanjut? Baca: Pejuang Hamas Bermunculan Dari Tanah Bikin Tentara Israel Ketakutan

Konflik Palestina dan Israel yang telah menimbulkan ribuan korban jiwa dari pihak Palestina sebenarnya sudah lama terjadi. Dimulai sejak kaum Yahudi yang tersebar di berbagai negara kembali dan berkumpul di di wilayah Palestina yang sekarang disebut dengan negara ‘Israel’.

Pada tanggal 14 Mei 1948 negara Israel didirikan dan sejak saat itu pula Palestina terus bergolak terutama di wilayah jalur Gaza. Wilayah dengan luas sekitar 365 km persegi itu berpenduduk sekitar 1.7 juta jiwa dan merupakan sebuah wilayah yang di inginkan Israel untuk menjadi bagian negaranya.

Pada 1967, Israel telah menduduki Gaza setelah berhasil memenangkan perang antar tiga negara yaitu Mesir, Yordania dan Suriah. Perang berawal ketika Mesir, Suriah, dan Yordania menutup perbatasannya.

Israel yang merasa takut Mesir meakukan invasi kemudian melakukan penyerangan terhadap pangakalan militer Mesir yang berujung pada peperangan antar tiga negara selama 6 hari dan dimenangkan Israel. Sejak saat itu Israel berhasil menduduki Jalur Gaza, Tepi Barat, Sinai dan Dataran Tinggi Golan.

Kemudian Israel memperluas wilayah Yarusalem dengan memasukkan Yarusalem Timur menjadi bagian wilayahnya berdasarkan ketetapan dan undang-undang yang dibuatnya, walaupun pada akhirnya PBB dengan Resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 478 menyatakan bahwa penetapan tersebut tidak sah.

Kekalahan Mesir, Yordania dan Suriah terhadap Israel saat itu menyebabkan tumbuhnya organisasi atau kelompok perlawanan Palestina  hingga saat ini. Pada tahun 1993 Israel dan organisasi pembebasan Palestina (PLO) melakukan perundingan dan sepakat mengakaui kedaulatan masing-masing dan pada tahun 2005 Israel menarik pasukannya dari Galur Gza

Namun pada tahun 2006 kelompok perlawanan Hamas yang memenangkan pemilu di Palestina mengusai Jalur Gaza. Pengaruh Hamas yang semakin menguat menimbulkan kekhawatiran dari pihak Israel.

Pada tahun 2014 Pemerintah Fatah yang menguasai Tepi Barat mengadakan rekonsiliasi dengan Kelompak Hamas yang menguasai Jalur Gaza sehingga kemudian semakin menimbulkan kekhawatiran bagi Israel atas dua kekuatan bersatu di Palestina

Pada awal juli 2014 ini, Israel kembali menyerang Palestina dan menggempur Gaza habis-habisan baik melalui udara maupun darat yang menyebabkan ribuan korban tewas dari pihak Palestina yang sebagian besar warga sipil Palestina

Advertisement
KOMENTAR ANDA