[Shalat Tahjud] Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Serta Keutamaannya

shalat tahajudTata cara sholat tahajud, Niat dan bacaan doanya – Sholat Tahajud adalah shalat yang dikerjakan pada malam hari sehingga sering disebut juga Shalat malam. Adapun waktu melaksanakan, sejak masuk waktu isya’ hingga waktu subuh dan dilakukan setelah tidur walaupun hanya tidur sesaat.

Jumlah Raka’at Shalat Tahajud
Adapun jumlah rakaat dalam sholat tahajud minimal 2 raka’at kemudian di akhiri dengan salam, sedangkan jumlah raka’at paling banyak tidak terbatas. Nabi sendiri biasa melakukan shalat tahajud 11 sampai 13 rakaat dan setiap dua raka’at diakhiri dengan salam kemudian ditutup dengan shalat witir

Hal itu sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW ketika seseorang datang kepada beliau dan bertanya : “Ya Rasulullah, Bagaimana cara melakukan shalat malam itu?” Kemudian Rasulullah menjawab:

مَثْنىَ مَثْنىَ فَإِذَا خِفْتَ الصُّبْحَ فَأَوْتِرْ بِوَاحِدَةٍ

“Dua rakaat – dua rakaat. Apabila kamu khawatir mendapati subuh, maka hendaklah kamu shalat witir satu rakaat.” (HR. Bukhari)

Jadi melaksanakan tahajud cukup 1 kali salam atau 2 raka’at saja, jika mampu bisa melaksanakan dengan jumlah yang tidak terbatas. hal yang sering menjadi pertanyaan, Apakah Melaksakan Sholat Tahajud Harus Tidur Dulu?

Ada 2 pendapat terkait hal itu, ada yang mengatakan tidak perlu tidur, ada juga yang mengatakan harus tidur terlebih dahulu, masing-masing memiliki dasar hukum, Namun, terkait tahajud ada dua istilah umum yang sering kita dengar yaitu: Qiyamul lail dan Sholatul lail

Qiayamul Lail berasal Qooma (berdiri) atau Qiyamu yang berdiri, berarti berdiri mengerjakan shalat. Istilah lain adalah Sholatul Lail (shalat malam) adalah shalat yang dikerjakan pada malam hari, jika sholat tahajud disamakan dengan shalatul lail atau Qiyamul Lail karena waktunya dikerjakan setelah shalat Isya’, berarti untuk melaksanakan tahajud bisa dilakukan sebelum tidur.

Namun pendapat lain menyebutkan bahwa sholat malam berbeda dengan sholat tahjud meskipun sama-sama dikerjakan pada malam hari, karena sholat malam bisa dikerjakan sehabis isya’ meskipun belum tidur, dengan kata lain bahwa sholat malam bukan berarti solat tahajud, tapi shalat tahajud pasti sholat malam.

Tata Cara Shalat Tahajud
Cara melaksanakan tahajud sama dengan mengerjakan sholat sunnah pada umumnya, perbedaannya hanya pada waktu dan niat saja

1. Niat, berikut ini bacaan niat sholat tahajud :

Ushollii Sunnata Tahajjudi Rok’ataini Lillahi Ta’aalaa

niat_tahajud mitrabaca

Saya Sholat Sunnah Tahajud 2 Raka’at Karena Allah Ta’ala

2. Membaca Surat Alfatihah
3. Kemudian dilanjutkan dengan Surat Alqur’an yang telah hafal misalnya Al-ikhlash dll
4. Ruku’ lalu sujud dan seterusnya….
5. Setelah 2 raka’at di akhiri dengan salam

Setelah itu bisa membaca istighfar, sholawat dan sebagainya lalu membaca do’a sholat tahajud berikut ini:

doa shalat tahajud

Bagaimana jika belum hafal do’anya?

Belum menghafal doa tahajud bukan halangan untuk tidak melaksanakan sholat karena anda bisa berdoa dengan bahasa lain selain bahasa arab misalnya dengan bahasa Indonesia, jawa, sunda, madura dll.

Keutamaan Shalat Tahajud
Ada banyak sekali keutamaan yang bisa diperoleh bagi mereka yang biasa melaksanaan sholat malam ini, baik keutamaan di dunia maupun di akhirat nanti.

1. Penyebab Masuk Surga
2. Mendapat Derajat Yang Tiggi baik di dunia maupun diakhirat
3. Mengabulkan semua dan mengampuni segala dosa
4. Dibersihkan jiwanya oleh Allah SWT dan dipelihara dari gangguan setan
5. Di Aakhirat akan dibangkitkan dengan wajah berseri
6. Mendapat kemudahan saat menyeberang shirotol Mustaqim
7. Kelak di akhirat amalnya diberikan dari tangan kanan
8. Dan masih banyak keutamaan lainnya

Waktu Utama Melaksanakan Sholat Tahajud
Walaupun waktu shalat tahajud bisa dilakukan setelah isya’ namun ada waktu paling utama  yaitu 1/3 (sepertiga) malam terakhir saat semua orang sedang tertidur lelap atau sekitar pukul 02.00 dinihari hingga menjelang subuh

Advertisement
KOMENTAR ANDA